April 27, 2021 By yuchunhawaii.com 0

PENTINGNYA PERLINDUNGAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

Kekayaan Intelektual telah mendefinisikan kembali konsep ‘Properti’ yang dipersepsikan secara konvensional yang biasanya memunculkan hal-hal yang berwujud seperti tanah, rumah, mobil, perhiasan, dll. Seiring dengan perkembangan interpretasi ‘Properti’ dan ‘Kepemilikan’ dari waktu ke waktu, Kekayaan Intelektual muncul untuk dimasukkan hak kekayaan intelektual dalam pengertian dan definisi properti, meskipun tidak dapat dilihat, dirasakan, disentuh, tetap saja cukup nyata untuk diaudit, dicairkan, dijaminkan, diamankan, dialihkan, diwariskan, dan dijual.

Bagaimana itu dibuat

Hak Kekayaan Intelektual atau ‘HAKI’ mengacu pada kreasi pikiran manusia yang berasal dari industri manusia. Ini juga kadang-kadang disebut sebagai ‘Properti Industri’ dan termasuk:

Penemuan – dilindungi oleh Paten dan Model Utilitas
Merek – terdiri dari Merek Dagang, Nama Dagang, Logo, Merek Layanan, dilindungi sebagai Merek Dagang
Desain Industri – kombinasi resultan seni terapan dan ilmu terapan, dilindungi sebagai Desain
Indikasi Geografis – atau ‘GI’s adalah produk dan / atau barang yang memiliki asal geografis tertentu dan keunikan dan kualitas khusus karena asal-usul tersebut dan termasuk faktor manusia juga.
Sirkuit Terpadu – melibatkan sirkuit, tata letak, pengaturan, dan desain yang juga merupakan bagian dari IP
Hak Cipta – kreasi dan ekspresi artistik dalam bentuk prosa, puisi, musik, bioskop, drama, mode, dll.
HKI tercipta setiap hari dalam bentuk Penelitian dan Pengembangan (R&D), musik, seni, teater, novel, penemuan improvisasi, dan nama merek yang memperkaya bisnis mereka, indikasi geografis dihargai karena rasa dan kualitasnya yang unik. Oleh karena itu, komponen ini adalah aset intelektual yang harus dipelihara, dipasarkan, dan dilindungi dari peniruan dan penyalahgunaan.

Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual:

Metode berikut membantu dalam perlindungan:

Pengajuan Nasional dan Internasional yang Rajin, Penuntutan, Pendaftaran, Pembaruan & Pemeliharaan tepat waktu, Pengawasan Merek Dagang, dll. Adalah beberapa cara di mana semua kerja keras, penelitian, dan investasi moneter yang digunakan untuk menciptakan HAKI dapat dilindungi.

Membawa Pengacara Kekayaan Intelektual akan sangat berharga untuk dipertimbangkan, karena saran strategis dan tepat waktu terhadap perlindungan, pemasaran, dan evaluasi akan menuai manfaat yang luar biasa dalam jangka panjang dan melindungi bisnis dari masalah hukum dan etika secara global.

Seperti halnya litigasi properti yang nyata dan berwujud, litigasi HKI juga melibatkan tindakan perdata dan pidana dengan hukuman dan sanksi yang berat, oleh karena itu, kesadaran dan kepekaan adalah kebutuhan saat ini.

Manajemen Portofolio HKI:

Di dunia saat ini di mana garis batas antara aset nyata dan virtual semakin berkurang setiap jam karena adanya internet, kekayaan intelektual tidak seperti properti nyata harus dilindungi pada tingkat global di mana berbagai yurisdiksi ikut berperan. Memiliki gagasan yang adil tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan terkait berbagai komponen menjadi penting.

Oleh karena itu, pengelolaan portofolio HKI harus mendapat prioritas utama dalam skema hal-hal baik untuk start-up atau bisnis yang mapan karena melibatkan Perizinan, Waralaba, Alih Teknologi, Merger dan Akuisisi, Pengambilalihan bersama dengan itikad baik.

Oleh karena itu, membangun rencana bisnis yang berpusat pada HKI akan mengeja kesuksesan yang pasti di seluruh dunia untuk semua pemegang saham baik itu untuk perusahaan bisnis, perseorangan atau penemu.